Secercah Harapan [Sebuah Coretan]


Secercah Harapan [Sebuah Coretan]

 

Ilmu merupakan potensi yang dimiliki manusia. Dengan ilmu manusia dapat memperbarui kualitas hidupnya, dan dengan ilmu pula manusia dapat mencapai kemulian, yaitu kemuliaan di dunia dan kemuliaan di akhir sebagaimana Allah SWT janjikan dalam Surat al-Mujadilah: 11 “Bahwa Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat”.

 

Lalu ilmu yang bagaimana, yang dapat mengangkat derajat si pemiliknya? Jawabnya adalah ilmu yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik, baik terhadap diri sendiri maipun terhadap lingkungan masyarakat. Bukan ilmu yang membawa keburukan, seperti tawuran, merasa diri yang paling pintar, memintari orang lain; bahkan membuat kerusakan terhadap nilai-nilai kehidupan, seperti korupsi, dan berpoya-poya terhadap kemaksiyatan.

 

Oleh karena itu ilmu pengetahuan yang kita miliki harus selalu diiringi dengan etika dan moral yang baik, yakni dengan memberdayakan potensi akal sesuai aturan/norma agama. Pemberdayaan potensi akal itu dengan cara belajar dan berkarya. Dengan belajar, manusia bisa mendapatkan ilmu dan wawasan yang baru. Dengan ilmu, manusia dapat berkarya untuk kehidupan yang lebih baik.

 

Namun dalam menuntut ilmu kita harus sabar dan strategi yang baik, sebagaimana Imam Syafi’i dalam kitabnya Diwan menegaskan: “Saudaraku! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali setelah memenuhi enam syarat, yaitu: kecerdasan, kemauan yang kuat, kesungguhan, perbekalan yang cukup, dan kedekatan dengan guru dalam waktu yang lama.”

 

Ungkapan Imam Syafi‘i di atas penting diketahui oleh orang-orang yang sedang asyik menuntut ilmu seperti kalian. Cara ini perlu dilakukan agar berhasil. Perlu adanya semangat juang, harus dekat, akrab, dan hormat kepada guru agar ilmunya berkah. Mencari ilmu juga perlu waktu yang lama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: