Revisi Taksonomi Bloom


Revisi Taksonomi Bloom

Taksonomi Bloom ini telah direvisi oleh Krathwohl salah satu penggagas taksonomi tujuan belajar, agar lebih cocok dengan istilah yang sering digunakan dalam merumuskan tujuan belajar, yang sering kita mengenalnya dengan istilah C1, C2, C3, C4, C5 dan C6

Pada revisi ini , jika dibandingkan dengan taksonomi sebelumnya, ada pertukaran pada posisi C5 dan C6 dan perubahan nama. Istilah sintesis dihilangkan dan diganting dengan Create.

Berikut ini Struktur dari Dimensi Proses Kognitif menurut Taksonomi yang telah direvisi

  1. Remember (Mengingat), yaitu mendapatkan kembali pengetahuan yang relevan dari memori jangka panjang.

    1.1 Recognizing (mengenali)

    1.2 Recalling (memanggilan/mengingat kembali)

  2. Understand (Memahami), yaitu menentukan makna dari pesan dalam pelajaran-pelajaran meliputi oral, tertulis ataupun grafik.

    2.1 Interpreting (menginterpretasi)

    2.2 Exemplifying (mencontohkan)

    2.3 Classifying (mengklasifikasi)

    2.4 Summarizing (merangkum)

    2.5 Inferring (menyimpulkan)

    2.6 Comparing (membandingkan)

    2.7 Explaining (menjelaskan)

  3. Apply (Menerapkan), yaitu mengambil atau menggunakan suatu prosedur tertentu bergantung situasi yang dihadapi.

    3.1 Executing (mengeksekusi)

    3.2 Implementing (mengimplementasi)

  4. Analyze (menganalisa), yaitu memecah-mecah materi hingga ke bagian yang lebih kecil dan mendeteksi bagian apa yang berhubungan satu sama lain menuju satu struktur atau maksud tertentu.

    4.1 Differentianting (membedakan)

    4.2 Organizing (mengelola)

    4.3 Attributing (menghubungkan)

  5. Evaluate (mengevaluasi), yaitu membuat pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar.

    5.1 Checking (memeriksa)

    5.2 Critiquing (mengkritisi)

  6. Create (menciptakan), yaitu menyusun elemen-elemen untuk membentuk sesuatu yang berbeda atau membuat produk original.

    6.1 Generating (menghasilkan)

    6.2 Planning (merencanakan)

    6.3 Producing (memproduksi)

Proses kognitif meaningful learning atau yang melibatkan proses berpikir kompleks bisa digambarkan dari struktur ke C2 hingga ke C5.

Sumber: David R. Krathwohl, A Revision of Bloom’s Taxonomy, An Overview (Ohio: Theory Into Practice, vol 41 number 4 : 2002)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: