CARA MEMBUAT RUMAH AMAN SAAT DITINGGAL LIBURAN KE LUAR KOTA


CARA MEMBUAT RUMAH AMAN SAAT DITINGGAL LIBURAN KE LUAR KOTA

Salah satu kegiatan yang kerap dilakukan untuk menghabiskan malam pergantian tahun baru adalah liburan ke luar kota dengan keluarga tercinta. Itu artinya, Anda akan meninggalkan rumah tanpa adanya penjagaan. Tak hanya itu, Anda juga meninggalkan semua benda berharga, mulai dari barang elektronik, surat-surat penting, hingga uang dan perhiasan.
Masalahnya, hal ini kerap dimanfaatkan oleh para komplotan penjahat spesialis rumah kosong. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang untuk Anda berlibur bersama keluarga tercinta. Sebab, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kemalingan. Apa saja? Berikut tips membuat rumah aman saat ditinggal liburan.
Semua orang pasti menginginkan rumahnya tetap aman saat sedang ditinggal berlibur. Bagaimana caranya?

Berikut tips membuat rumah aman yang perlu Anda tahu.

1. Kunci semua pintu dan jendela

Cara membuat rumah aman saat ditinggal liburan ke luar kota yang pertama adalah kunci semua pintu dan jendela rumah Anda. Sebab, pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya maling atau pencuri ke dalam rumah Anda.
Setelah pintu dan jendela dikunci, jangan sampai Anda menaruh kunci di bawah keset atau di dalam pot. Sebab, tempat-tempat tersebut merupakan daerah yang paling sering digunakan untuk menyimpan kunci dan mudah ditemukan oleh maling. Sebisa mungkin, taruhlah kunci di tempat-tempat yang tidak terduga dan hanya diketahui oleh keluarga dekat Anda saja.

2. Cabut semua colokan listrik dan gas

Selain mengunci semua pintu dan jendela, Anda juga wajib mencabut semua colokan listrik dan gas yang ada di rumah. Sebab, suka atau tidak, korsleting listrik sering jadi penyebab terjadinya kebakaran di rumah.
Itu sebabnya Anda perlu mencabut semua colokan yang masih terpasang pada stop kontak serta cabut selang gas yang masih terpasang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, Anda juga wajib memeriksa semua kran air yang ada di rumah. Pastikan kran air tersebut sudah dalam keadaan mati saat hendak ditinggal liburan ke luar kota.

3. Simpan semua barang berharga di tempat yang aman

Selain mengunci pintu dan mencabut semua colokan listrik, cara membuat rumah aman saat liburan yang berikutnya adalah menyimpan semua barang berharga seperti uang, perhiasan, dan surat-surat penting di tempat yang aman. Karena akan pergi dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa menyimpannya di sebuah brankas atau sejenisnya.

4. Bikin rumah terlihat ramai

Rumah yang terlihat kosong akan menjadi sasaran empuk maling untuk menggasak semua harta benda milik Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memasang lampu yang bisa dimatikan dan dinyalakan secara otomatis untuk mengecoh orang-orang yang berniat jahat. Tidak berhenti sampai di situ. Anda juga bisa menaruh beberapa pasang sandal dan sepatu yang bertujuan untuk membuat rumah tidak terlihat kosong.

5. Beri tahu saudara atau tetangga dekat

Penting untuk memberi tahu saudara atau tetangga dekat bahwa Anda sedang merencanakan liburan ke luar kota selama beberapa hari. Tujuannya adalah agar saudara atau keluarga Anda bisa turut serta memantau rumah yang Anda tinggalkan.
Selain itu, jika Anda tidak memiliki soket lampu otomatis untuk menghidupkan dan menyalakan lampu, Anda bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan tugas tersebut. Biar lebih aman, Anda juga bisa memberi tahu satpam kompleks rumah Anda.

6. Pasang CCTV

Cara membuat rumah aman saat ditinggal liburan ke luar kota yang terakhir adalah Anda bisa memasang sistem alarm atau CCTV untuk memantau rumah Anda. Alarm akan berbunyi saat rumah Anda dimasuki secara paksa dan mengundang tetangga atau petugas keamanan untuk bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut. Selain itu, sistem CCTV yang Anda pasang juga mampu merekam semua aktivitas yang terjadi di dalam rumah sehingga akan memudahkan petugas kepolisian untuk mengusutnya jika rumah Anda berhasil dimasuki kawanan maling.

Itu dia beberapa tips membuat rumah aman saat ditinggal liburan ke luar kota. Ingat, kejahatan terjadi karena adanya kesempatan. Makanya, sebisa mungkin Anda harus bisa meminimalisir hal tersebut dengan melakukan tips tadi.

Selamat berlibur!

Source:
https://www.acehardware.co.id/inspirations/cara-membuat-rumah-aman

%d blogger menyukai ini: