Membuat Kaligrafi


MEMBUAT KALIGRAFI

 

Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι “keindahan” + γραφος “menulis”) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.

Secara bahasa perkataan kaligrafi merupakan penyederhanaan dari “calligraphy” (bahasa Inggris). Kata ini diadopsi dari bahasa Yunani, yang diambil dari kata kallos berarti beauty (indah) dan graphein : to write (menulis) berarti tulisan atau aksara, Jadi Kaligrafi berarti: tulisan yang indah atau seni tulisan indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi disebut khat yang berarti garis.

Pada saat ini kaligrafi dapat dibuat secara online secara gratis, yang hasilnya pun tidak kalah dengan seorang master kaligrafi. Kita dapat berkreasi dengan imajinasi kita sendiri, dan langsung berkarya.

Ana Muhtarif Al Khat

Aplikasi ini dikhususkan pada penulisan kaligrafi Arab. Aplikasi milik Diwan Software Ltd ini menyediakan berbagai jenis huruf (fonts) Arab versi Diwan, seperti Diwan Nasakh Mishafi, Diwan Thuluth, Diwan Farsi, dan Waseem (seperti huruf Ruqa’a).Ana Muhtarif Al Khat memungkinkan penggunanya berkreasi dengan seni kaligrafi Arab disertai dengan berbagai tutorial yang diunggah di YouTube. Hasil karyamu nantinya juga dapat disimpan dalam bentuk file PDF. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan App Store (pada App Store bernama Ana Khattat) dan kedua versi dapat diunduh secara gratis.

Tugas !!!

Buatlah Kaligrafi dengan aplikasi tersebut kalimat Tasbih (سبحان الله) atau namamu dengan tulisan arab. Setelah selesai Screenshot atau simpan dalam bentuk PDF dan upload pada agenda ramadhan

Atau Jika tidak bisa mendownload aplikasi tersebut, boleh membuatnya di buku gambar/kertas HVS/buku tulis. Setelah selesai poto dan upload pada agenda ramadhan

Link Upload Photo/Screenshot Kalighrafi –> AGENDA RAMADHAN 8

11 Tanggapan

  1. Ok pak

    Suka

  2. sudah membuat kaligrafi

    Suka

  3. Sudah mengerjakan kaligrafi

    Suka

  4. Asslamualaikum

    Suka

  5. Oke bu

    Suka

  6. Oke pak

    Suka

  7. Ok

    Suka

  8. Bagus

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.